Profil Sekolah

Sejarah Berdirinya

Sekolah Alam Palembang berdiri pada tanggal 5 Juli 2005 dengan visi awal melahirkan generasi pemimpin yang rahmatan lil ‘alamin. Diawali dengan 5 orang siswa (2 Kelompok Bermain, 2 Taman Kanak-kanak dan 1 Sekolah Dasar) dan 4 orang Fasilitator (1 Kepala Sekolah, 1 Fas. Kelompok Bermain, 1 Fas. Taman Kanak-kanak, 1 Fas. Sekolah Dasar, dan 1 Fas. Al-Quran). Berselang 3 bulan kemudian jumlah siswa bertambah menjadi 10 orang dan terus bertambah setiap tahunnya dengan begitu pesat pertumbuhannya. Seiring berjalannya waktu SMP (Sekolah Menengah Pertama) ikut didirikan pada tahun 2011 dengan jumlah siswa awal 3 orang. Kemudian pada tahun 2013 jenjang SMA (Sekolah Alam Palembang) juga didirikan mengingat animo masyarakat akan konsep pendidikan Sekolah Alam Palembang yang berkesinambungan. Hingga saat ini jenjang yang ada di Sekolah Alam Palembang meliputi Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dengan rasio antara Fasilitator dan siswa sebagai berikut: Rasio 1:10 untuk KB dan TK, rasio 1:16 untuk SD, dan rasio 1:20 untuk SMP-SMA.

Sejak tahun berdirinya, Sekolah Alam Palembang menerapkan kelas INKLUSI (Terbuka) bagi siswa berkebutuhan khusus untuk bergabung dengan kelas reguler dengan kuota maksimal 1 siswa per kelas dengan alasan mengajarkan nilai-nilai empati dan komunikasi sosial kepada anak-anak normal dan menstimulan syaraf motorik di alam terbuka bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Sekolah ini berdiri atas prakarsa Prof.DR.Dr.H. Yuwono, M.Biomed dan istrinya Nurbaiti Ekasari, S.Si., M.Pd. (Baca Harian Kompas: Yuwono dan Eka Pendiri Sekolah Alam), dibawah naungan Yayasan Rahmat Semesta Alam (YARHAM) yang saat ini berganti menjadi Yayasan Ustadziyatul Alam (YUA).

Kurikulum

1. Akhlaq Mulia
Kurikulum Akhlaq diajarkan dengan keteladanan Guru/Fasilitator
2. Logika Ilmu
Kurikulum Logika ilmiah diajarkan dengan Scientific Approach, Integrated Learning, Experiential Learning, Discovery Learning (BBA dan BBB/3B)
3. Leadership
Kurikulum Leadership diajarkan dengan Scouting, Pendidikan alam terbuka, Outbound, PBB, Life Skill, Leadership Project (Ekspedisi, Survival)
4. Enterpreneurship
Bisnis/Perniagaan diajarkan dengan cara magang, proyek bisnis, dan Market Day

Visi & Misi

Visi
Menjadi sekolah unggul di tahun 2025 dalam melahirkan generasi pemimpin berakhlaq kokoh, cerdas dan trampil dalam mengelola hidup

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuh kembangkan spiritual, mental, intelektual dan keterampilan fisik
2. Mengelola lembaga pendidikan secara profesional untuk mencapai standar mutu terbaik
3. Membangun kerjasama yang harmonis antara sekolah, orang tua dan masyarakat termasuk pemerintah


Ketua Yayasan

Prof. Dr. dr. H. Yuwono, M.Biomed

CEO SAPA

Nurbaiti Ekasari, S.Si, M.Pd

Direktur SAPA

Ana Apriani, S.Pd

Kepala KB & TK

Siti Aisyah Chintya Indah Anggraini, S.Pi

Kepala SD

Ajeng Fitri, S. TP

Kepala SMP

Hudiah Arisanti, S.Si

Kepala SMA

Paramita, S.Pi

 
Sekolah Alam Palembang, Sekolah Terindah Dalam Hidupku
23

guru


Merupakan tenaga pendidik yang profesional. Lulusan Universitas terbaik di Indonesia.
5

staff


Terdiri dari tenaga administrasi, teknis dan keamanan.
125

siswa


Merupakan siswa aktif di semua jenjang di Sekolah Alam Palembang
14

tahun pengalaman


Waktu yang menjadikan kami berkembang dan bertumbuh lebih baik